10 Gol Terbaik yang Pernah Diciptakan Indonesia di AFF Suzuki Cup

Written by admin. Posted in Berita Bola

Kiprah indonesia di Piala AFF memang belum membuahkan hasil juara. Akan tetapi Ketampilan indonesia di kopetisi akbar sepakbola Asia Tenggara itu senantiasa membuat timbul cerita, entah itu kompetisi, penonton, hingga gol paling baik. Gerry Putra mengambil ketetapan untuk melihat kembali kategori yang paling akhir…

kompetisi tanpa gol memang terasa hampa. seperti itu juga kiprah indonesia di AFF Suzuki Cup (dulu mempunyai nama Piala Tiger) yang tidak lepas dari gol-gol paling baik Merah-Putih di ajang tersebut. Walau kadang-kadang hadir dalam peristiwa jelek layaknya ‘sepakbola gajah’ di tahun 1998, ada juga gol paling baik yang diciptakan indonesia.

Gol paling baik indonesia tak melulu soal tehnik tinggi atau indahnya gol tersebut, tapi gol penentu keberhasilan menang, atau gol berhistori dan penuh emosional, bisa juga dimaksud gol paling baik indonesia. Untuk itu FourFourTwo merangkum beberapa gol paling baik indonesia yang di dalamnya mempunyai cerita sendiri. Dan inilah listnya…

1. Gol Miro Baldo Bento (vs Thailand 2-3, Babak kelompok, Piala Tiger 1998)

Thailand yang ingin kalah memang bermain menyebalkan senantiasa membawa bola ke belakang. mengapa ingin kalah? Si Gajah Putih ingin hindari tuan Tempat Tinggal Vietnam yang dalam gelaran tersebut sedang on fire.

terbukti indonesia juga ingin melakukan hal serupa, gol bunuh diri Mursyid Effendi di menit akhir. Gol disengaja itu bikin Mursyid Effendi dihukum seumur hidup tidak boleh berkompetisi di ajang internasional.

akan tetapi, ada pemain yang tetap menggebu-gebu untuk membawa indonesia menang. Dia ialah Miro Baldo Bento, pemuda Timor Timur yang bermain paling antusias. Miro yang waktu itu lakukan belaan PSM Makassar memproduksi gol pembuka bagi indonesia. Berawal dari umpan tengah, Miro yang terima bola tanpa kawalan langsung mencocor bola ke gawang Thailand.

Yang menarik ialah selebrasi Miro waktu itu. Miro menghardik kiper Thailand, teriakan “Go home!”. Teriakan itu tanda kesalnya Miro permainan Thailand yang tidak ingin menang. Sayang, indonesia pun melakukan hal yang sama layaknya Thailand.

2. Gendut Dony Christiawan (Gol pertama vs Vietnam 3-2, Semifinal, Piala Tiger 2000)

ini ialah gol paling baik indonesia di Piala Tiger 2000. terima umpan silang fantastis dari Aji Santoso dari sisi kiri, heading keras Gendut Dony berhasil menyobek gawang Vietnam. Bisa dikatakan tingkat kesusahan gol Gendut amat tinggi. Tak muda menyudul letakkan bola ke sisi atas kanan gawang lawan.

Gol tersebut membakar semangat pemain indonesia. Walau kebobolan, tapi indonesia berhasil membawa lagi lewat sepakan dari Yohanes Yuniantara. Gendut juga mempunyai peran dalam gol pemain PSS Sleman itu.

3. Gendut Dony Christiawan (Gol ke-2, vs Vietnam 3-2, Semifinal, Piala Tiger 2000)

indonesia yang sudah unggul 2-1, harus ketar-ketir pada waktu itu pemain Vietnam membobol gawang indonesia jelang kompetisi selesai. kompetisi pun harus diakhiri melewati babak tambahan.

Di babak perpanjangan waktu tersebut, Gendut Dony kembali bikin gol indah sekalian penentu langkah indonesia ke kompetisi puncak. Gendut yang sudah berada tepat di depan gawang Vietnam, mengocek-gocek tiga pemain Vietnam yang sudah siap menerkam Gendut. Tapi ketenteraman pemain Persijatim Jakarta Timur itu mampu membuat hadir gol keberhasilan menang indonesia.

4. Gendut Dony Christiawan (vs Thailand 2-2, Final, Piala Tiger 2002)

Nama Gendut Dony memang menjadi jaminan mutu bagi timnas indonesia waktu itu. Pemain yang identik nomor 22 itu tampil paling antusias di babak final. indonesia sempat ketinggalan 0-2 dari Thailand. akan tetapi sesuatu gol dari Yaris Riyadi selanjutnya membuat hidup kembali kembali gairah membuat sesuatu gol Skuat Garuda.

sesuatu gol berkelas dari Gendut pada menit ke-79 memaksa ke-2 tim bermain di babak perpanjangan waktu. waktu itu, Gendut mampu mengontrol bola umpan terobosan amat terprediksi dan merampungkannya Sepakan keras bikin gawang Thailand lakukan getaran. Gol tersebut disambut gembira beberapa puluh ribu penonton yang mencukupi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, terhitung penulis.

Sayang dalam babak perpanjangan waktu yang berakhir pada adu penalti itu, indonesia harus akui keberhasilan menang Thailand. Sepakan Firmansyah yang menjadi tinggi tinggi, bikin gelar juara Piala Tiger di depan mata juga terbang ke Thailand.

5. Kurniawan Dwi Yulianto (vs Malaysia 4-1, Semfinal Leg 2, Piala Tiger 2004)

Gol Kurniawan Di Samping berkelas juga membongkar keran gol indonesia yang sempat Mogok di kompetisi leg pertama. Kurniawan yang masuk mengganti ismed Sofyan, langsung membuat gebrakan golnya di menit ke-69.

Sepakan keras yang membidik ke sudut kiri atas gawang Malaysia ini layak untuk dimasukkan didalam list gol paling baik bagi indonesia di Piala AFF. cuma pemain bermutu yang mampu letakkan bola di sudut tersebut, bahkan Sepakan keras.

6. Boaz Solossa (vs Malaysia 4-1, Semifinal Leg 2, Piala Tiger 2004)

Gol Boaz menjadi penutup keberhasilan menang indonesia atas Malaysia, sekalian membenarkan langkah indonesia ke kompetisi final bertemu Singapura. Tapi jangan salah, Walau menjadi gol penutup, Boaz ialah seorang maestro yang paham bikin gol indah.

kecepatan tinggi, Boaz berlari ke ara gawang Malaysia. Alih-alih menedang bola, Boaz justru menggocek kiper Malaysia, dan….. sang kiper pun mati langkah. Gawang kosong pun langsung difungsikan oleh Boaz untuk menceploskan bola ke gawang. Tanpa kawalan, bola melesat deras ke gawang Harimau Malaya dan bikin sedih para encik-encik dan puan-puan.

7. Atep (vs Laos 3-1, Babak kelompok, Piala AFF 2007)

Gol Atep cukup layak mendapat predikat gol paling baik indonesia di ajang Piala AFF. terima bola muntahan di pinggir kotak penalti sudut yang agak sukar, pemain yang waktu itu lakukan belaan Persija Jakarta mengontrol sekali dan langsung melepaskan Sepakan mendatar yang lurus ke gawang.

Bola keras yang lurus melesat ke gawang, tak cukup mampu Ditangkap oleh para pemain Laos. oleh karena itu, bola melesat deras ke gawang dan bikin indonesia unggul 1-0. Tapi sayangnya Walau menang di awal kopetisi dari Laos 3-1, indonesia tidak mampu lolos dari sistem kelompok sesudah kalah melakukan saingan dari Vietnam dan Singapura.

8. Cristian Gonzales (vs Filipina 1-0, Semifinal Leg 1, AFF Suzuki Cup 2010)

Filipina yang menjelma menjadi tim kuda hitam yang beresiko di kawasan Asia Tenggara mulai kopetisi ini terbukti cukup menakutkan bagi indonesia. Hadirnya Younghusband bersaudara di tubuh Filipina, cukup menolong tim yang dulunya biasa menjadi lumbung gol indonesia menjadi tim yang berani mengajukan tantangan indonesia.

Tapi untungnya, indonesia juga tak kendur menjumpai sang tamu, bahkan bermain di hadapan beberapa puluh ribu supporter sendiri. Dan hasilnya ialah keberhasilan menang 1-0 lewat gol tukang serang naturalisasi asal Uruguay, Cristian Gonzales.

Luar biasa proses gol ini. Bola terus dikuasai indonesia selama beberapa menit kombinasi umpan-umpan pendek dari lini belakang, dan diakhiri sesuatu umpan lambung yang indah dari Firman Utina ke tiang jauh. Kiper Filipina, Neil Etheridge, salah mengantisipasi datangnya bola dan bikin El Loco bisa menyundul bola cantik ke sudut tiang jauh gawang The Azkals.

Walau diwarnai sedikit kebernasib baikan disebabkan miskomunikasi para pemain belakang tim tamu dan kiper mereka, proses berlangsungnya gol ini (dan lihat umpan cantik Firman itu!) layak menjadikannya berada dalam list ini.

9. Cristian Gonzalez (vs Filipina 1-0, Semifinal Leg 2, AFF Suzuki Cup 2010)

Di semifinal leg ke-2, indonesia kembali mampu mengandaskan perlawanan Filipina. Dan lagi-lagi lewat gol indah El Loco. Berawal dari pergulatan Gonzales di depan kotak penalti, selanjutnya sesuatu celah Untuk dapat melepaskan Sepakan pun terbuka. Pemain yang waktu itu lakukan belaan Persib Bandung tersebut langsung melepaskan Sepakan keras dari luar kota penalti yang membidik tepat ke sudut kiri gawang Filipina. Sepakan keras yang berakhir gol indah dari Gonzales amat layak dijadikan gol paling baik indonesia.

10. Andik Vermansah (vs Singapura 1-0, Babak kelompok, AFF Suzuki Cup 2012)

Gol Andik waktu memelayani Singapura di kompetisi ke-2 penyisihan kelompok amatlah berkelas. Berawal dari pelbiaya di sudut kiri terjangan gempuran indonesia, pemain yang waktu itu lakukan belaan Persebaya Surabaya ini melepaskan Sepakan melengkung yang indah. Bola yang melesat deras tidak mampu diantisipasi bagus oleh kiper Singapura.

Gol tersebut membongkar asa indonesia Untuk dapat lolos ke semifinal, sesudah pada kompetisi pertama cuma menggapai hasil seri 2-2- dari Laos. Sayangnya, indonesia yang waktu itu tidak diperkuat pemain-pemain paling baiknya, gagal lolos sesudah di laga penentu, sesudah takluk 0-2 dari tuan Tempat Tinggal Malaysia.

Uji Keberuntungan 10 Gol Terbaik yang Pernah Diciptakan Indonesia di AFF Suzuki Cup, Daftar Sekarang

Trackback from your site.

18+ Agen Judi FS88BET
X